Ratna Dewi,S.Pd,M.Si

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

LIFE SKILL ANTIVIRAL DAN ANTIBACTERIAL (VIRGIN COCONUT OIL (VCO))

LIFE SKILL ANTIVIRAL DAN ANTIBACTERIAL

VIRGIN COCONUT OIL (VCO)

 

Latar Belakang

Kelapa (Cocos nucifera L) dijuluki sebagai pohon kehidupan. Hampir seluruh bagian tanaman ini mempunyai nilai ekonomis, mulai dari daging buah, air, tempurung, sabut, batang dan daun. Contohnya daging buah, digunakan untuk berbagai kebutuhan Rumah Tangga, seperti menggulai, menggoreng, tapi daging buah kelapa juga bisa sebagai produk yang nilainya sangat tinggi seperti Virgin Coconut Oil.

Hingga saat ini, minyak kelapa secara umum dikenal sangat tinggi kandungan asam lemak jenuhnya. Dan yang disayangkan sebagian besar orang menanggap asam lemak jenuhnya. Dan yang disayangkan sebagain besar orang menganggap asam lemak jenuh pada kelapa sama dengan asam jenuh pada daging Vegetabel oil lainnya, yaitu dapat menigkatkan kolesterol sehingga memiliki kontribusi yang besar sebagai penyebab penyakit jantung. Pada hal asam lemak jenuh minyak kelapa mengalami proses hidrogenerasi,  bukan asam lemak jenuh pada Virgin Coconut Oil atau Unrefined Coconut Oil.

Tujuan Penelitian

Membuktikan proses terbentuknya Virigin Coconut Oil dari daging kelapa.

Karakeristik dan Manfaat Virgin Coconut Oil

Virgin Coconut Oil adalah Virgin Coconut Oil ( minyak kelapa yang tidak melalui proses refining). Uji laboratorium menunjukkan bahwa Virgin Coconut Oil merupakan minyak kelapa yang bermutu tinggi. Dengan kandungan asam laurat pada Virgin Coconut Oil merupakan asam lemak jenuh (Saturated Fat) yang berantai medium (Medium Chain Fatty Acid). Medium Chain Fatty Acid mudah diuraikan dan dengan cepat menghasilkan energi sehingga dapat menstimulasi metabolisme.

Asam lemak jenuh (Saturated Fat) pada  Virgin Coconu Oil berbeda dengan saturated yang ditemukan pada daging dan berbagai vegatable oil. asam laurat pada Virgin Coconut Oil identik dengan spesial group dari asam-asam lemak yang dijumpai pada air susu ibu yang selama ini terkenal sengat baik untuk pencernaan, memperkuat sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan infeksi jamur.

Oleh karena itu asam laurat pada Virgin Coconut Oil dikenal juga sebagai antibacterial dan antiviral. Banyak studi dilakukan untuk melhat keefektifan asam laurat untuk menurunkan jumlah Virus HIV pada penderita AIDS. Virgin Coconut Oil juga dapat digunakan bagi penderita thyorid untuk memperbaiki metabolisme. Ahli-ahli diet bahkan mencoba menggunakan minyak ini untuk menurunkan berat badan. Dibidang komsetik Virgin Coconut Oil digunakan  sebagai bahan untuk natural soaps dan berbagai produk kosmetika, seperti: kosmetik untuk menghaluskan dan melembutkan kulit dan mencegah penuaan dini. Untuk rambut. Penggunaan Virgin Coconut Oil yang teratur mampu mencegah tumbuhnya uban.

Alat dan Bahan

Adapun alat yang digunakan adalah :

·         Baskom

·         Botol Plas besar

·         Saringan

·         Selang kecil

·         Botol kaca kecil

·         Kompor (pemanas)

·         Kuali atau panci

Bahan-bahan yang digunakan adalah:

·         Daging kelapa segar (15 buah kelapa segar)

·         Air 15 liter

·         Tissu

Prosedur Kerja

-          Daging kelapa diparut + air kemudian diremas sampai santannya keluar ulangi sampai 3 kali

-          Sambil disaring langsung masukkan ke dlam botol plas besar

-          Kemudian difermentasi selama 24-26 jam

-          Selama fermentasi air akan terpisah dari minyak

-          Minyak yang dihasilkan kemudian dipanaskan selama beberapa menit dengan suhu rendah untuk menurunkan kadar air atau tidak dipanaskan sama sekali

-          Selanjutnya untuk mendapat Virgin Coconut Oil minyak disaring dengan tissue

-          Hasil akhir proses ini adalah minyak kelapa yang jernih dengan aroma dan rasa kelapa yang disebut sebagai Virgin Coconut Oil

-          Masukkan kedalam botil kaca kecil dan tutup dengan rapat.

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post